Baca Berita

Pengukuhan Pengurus Forum Tagana Kabupaten Solok

Post Title Keterangan Gambar : Penyerahan bendera Tagana dari Dirjen ke Bupati Solok

Arosuka, Bupati Solok H. Gusmal, SE.MM mengukuhkan Forum Tagana Kabupaten Solok di Ruangan Pelangi  Kantor Bupati Arosuka Kamis (9/3), turut hadir dalam kegiatan tersebut Dirjen Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Adhy Karyono, Wakil Ketua DPRD Kab Solok Yondri Samin, Ketua Pengadilan Kotobaru, Kabid Jaminan Dan Perlindungan Sosial Dinas  Sosial Prov Sumbar Irwan Basyir, Kadis Sosial Kab Solok Drs. Raflis, MM.

Dalam laporan pelaksana Drs. Raflis, MM menyampaikan, “tujuan dari acara ini adalah terlaksananya pengukuhan TAGANA Kab Solok, meningkatnya kapasitas relawan Dinas Sosial Kab Solok, meningkatnya kemampuan PSM dan TKSK dalam melakukan verifikasi dan validasi data PMKS dan terakhir terlaksananya verifikasi dan validasi data kemiskinan dan PMKS Kab Solok pada tahun 2017.

Peserta kegiatan hari ini adalah TKSK sebanyak 14 orang, TAGANA 40 orang, PSM 74 orang, pendamping PKH 36 orang dari forum karang taruna, kata Kadis Sosial Kab Solok Drs. Raflis, MM.

Dalam sambutannya Bupati Solok mengatakan, “bahwa Kab solok merupakan daerah yg cukup luas dengan kontur wilayah berbukit-bukit ini membuat daerah kita sangat rawan sekali terjadi bencana alam, kita di dinas sosial memiliki cukup banyak tenaga di lapangan, semuanya bekerja dengan cepat dan tanggap sehingga semua persoalan dapat kita atasi.

Lebih lanjut Bupati Solok H. Gusmal, SE. MM mengungkapkan bahwa di kab solok dinas sosial nya sudah berdiri sendiri, tidak bergabung dengan kelembagaan lainnya sehingga kita bisa fokus menangani permasalahan sosial nantinya, kedepannya kab solok ingin membangun nagari siaga bencana, saya yakin anggota-anggota TAGANA ini adalah orang yang mampu bekerja optimal tidak memikirkan waktu, kapan pun terjadi bencana langnsung turun ke lapangan.

Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Adhy Karyono mengucapkan selamat kapada pengurus TAGANA Kab Solok yang baru saja kukuhkan, kondisi perubahan iklim saat ini menimbulkan banyak terjadi bencana alam seperti banjir dan longsor, TAGANA mempunyai binaan yang namanya kampung siaga bencana, insyaallah Kab Solok akan di tetapkan masuk sebagai salah satu nagari binaan tersebut.

Kami juga ingin menyampaikan bahwa dalam penanggulangan bencana yang terbaik adalah penanggulangan bencana berbasis masyarakat, karena masyarakatlah yang tahu dan bisa melakukan penanggulangan secara mandiri, TAGANA di kab solok kami lihat cukup aktif, ini tentu tidak terlepas dari peran Kepala Dinas Soaial beserta Bupatinya ujar Adhy karyono. (kominfo/humas)

Video Terkait:

Komentar Dari Facebook

Berikan komentar